NOTULEN KAJIAN WACANA KEISLAMAN
MUDA MUDI MASJID JAMI’ PATHOK NEGORO PLOSOKUNING“ VALENTINE, KASIH SAYANG, ROSULULLOH ?????? “Tanggal 28 Februari 2009 (oleh Mbak Dian)
Rangkaian Acara Kajian Wacana Keislaman Muda Mudi Masjid Jami’ Pathok Negoro Plosokuning dengan tema “ Valentine, Kasih Sayang, Rosululloh ????? “ adalah sebagai berikut :
Pra Acara Hadroh
Pembukaan
Pembacaan Ayat Suci al-Qur’an oleh Bapak Kohari
Sambutan Ketua Muda Mudi disampaikan oleh Mas Alwan Ucapan terima kasih atas antusiasme dari muda mudi Plosokuning untuk hadir dalam Forum Kajian Wacana Keislaman, Informasi tentang kegiatan Festival Hadroh memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW
Penyampaian Materi (Ustadz Arsyadi Choirudden)
Diskusi
Penutupan
Acara Khusus PENYAMPAIAN MATERI
VALENTINE, KASIH SAYANG, ROSULULLOH ??????Disampaikan oleh : Ustd. Arsyadi Choirudin
SEJARAH VALENTINEValentine adalah adat istiadat sekelompok orang pada tanggal 14 Februari untuk merayakan kasih sayang. Adapun sekelumit sejarah tentang valentine adalah sebagai berikut : Kematian Santo ValentinusSanto Valentinus adalah seorang pendeta Katholik yang hidup pada jaman Raja Kalidius II Romawi. Konon pendeta Santo Valentinus adalah seorang pejuang cinta sehingga hari kematiannya diperingati sebagai hari Valentine. Merupakan suatu perayaaan yang konon pernah dilakukan oleh sebagian rakyat Romawi Kuno sebagai persembahan untuk Dewa Juno.Dari dua uraian yang disajikan di atas dapat ditarik kesimpulan : Perayaan Valentine merupakan perayaan umat Katholik Perayaan Valentine cenderung mengarah pada kemusyrikan Perayaan Valentine merupakan celah bagi budaya barat untukmerongrong budaya islamKetiga hal tersebut di atas semuanya menyimpang dari budaya islam. MAHABBAH KEPADA ROSULULLOH SAWSemua ajaran islam, baik itu aqidah, syariat dan akhlaq ruhnya adalah kasih sayang. Begitu juga dengan figur Rosululloh SAW yang sangat berkaitan dengan kasih sayang. Allah mengirim Rosululloh SAW untuk menebarkan kasih sayang ke seluruh dunia. Rosululloh SAW merupakan suri tauladan yang baik dan sempurna. Rosululloh SAW bersabda “ Beliau menyempurnakan akhlaq yang mulia ”Sebagai contoh adalah peristiwa Isra’ Mi’raj yang dilakukan karena sebegitu cintanya Rosululloh SAW pada kita semua, umat beliau.Mengapa kita harus bermahabbah pada Rasululloh SAW ?Karena Rosululloh SAW adalah uswatun khasanah. Untuk bisa meneladani beliau maka modal utama yang harus kita miliki adalah cinta kepada beliau Rosululloh SAW, yaitu dengan melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangnnya, mengagungkan serta memuliakannya karena Rosululloh SAW mempunyai kasih sayang yang sungguh luar biasa.Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan : Semua akhlaq mahmudah pangkalnya adalah kasih sayang Semua akhlaq mazmumah pangkalnya adalah kebencian
DISKUSI INTERAKTIF :
Pertanyaan 1 :Bagaimana hukumnya jika kita mendapat coklat padahal kita tidak merayakan Valentine. Menurut ustadz bagaimana ? ( Malih )
Jawaban :Si coklat tentunya halal 100% dan tidak merayakan valentine merupakan sikap yang baik dan patut dicontoh dalam kehidupan.
Pertanyaan 2 :Seandainya kita ikut merayakan Valentine, itu kan berarti kita juga ikut menyembah Dewa Juno, yang mau saya tanyakan adalah sisi manakah dari merayakan Valentine tersebut yang menunjukkan bahwa kita ikut menyembah Dewa Juno ?Tolong diberikan penjelasan mengenai bangga dengan sombong ? ( Nafisah )
Jawaban :Jika kita ikut merayakan Valentine maka bisa jadi kita masuk dalam 2 versi penyimpangan : Kita mencampuradukkan budaya umat katolik dengan budaya kita umat islam karena sudah diketahui bahwa valentine merupakan budaya umat katolik. Secara otomatis kita mengakui eksistensi Dewa Juno dalam kehidupan kita dengan kata lain kita mengakui adanya Tuhan selain Allah SWT dan perbuatan tersebut adalah musyrik.Bangga adalah perasaan yang dirasakan seseorang yang telah berhasil melalui rintangan ( Hari Raya ).Sombong adalah melihat diri sendiri dengan penglihatan kemuliaan dan melihat orang lain dengan penglihatan kehinaan.
Pertanyaan 3 :Apakah hari Valentine itu wajib dirayakan dan apakah harus coklat ? ( Mukhsin )Jawaban :Karena perayaan Valentine merupakan budaya umat katholik jadi bagi kita umat muslim merayakan valentine adalah tidak boleh malah cenderung haram karena isi dari perayaan Valentine adalah menyimpang dari ajaran islam.
Pertanyaan 4 :Jika ada orang sesama muslim mengucapkan selamat hari Valentine kepada kita, bagaimana kita harus bersikap ? ( Agung )Jawaban :Sebelumnya ditanyakan dulu kepada yang mengucapkan , apakah dia tahu yang dimaksud dengan Valentine itu. Jika dia tidak tahu maka sebagai sesama muslim kita wajib memberi penjelasan mengenai perayaan Valentine itu.
Pertanyaan 5 :Menurut ustadz, apakah orang yang memberikan dirinya sendiri sebagai contoh bisa dikatakan sombong ? ( Luthfi )Jawaban :Jika hanya sebagai contoh itu sah-sah saja tapi jika disertai dengan meremehkan orang lain itu tidak boleh.
Pertanyaan 6 :Bagaimanakah jika hari Valentine dirayakan pas waktu kita bercinta / berpacaran di suatu tempat ? ( Mukhsin )Jawaban :Astaghfirullah, bercinta / berpacarannya saja sudah merupakan dosa besar apalagi ditambah dengan niat untuk merayakan Valentine yang juga merupakan penyimpangan dari budaya islam jadi dosa besar kwadrat.
Pertanyaan 7 :Bagaimana jika hari Valentine dirayakan dengan berdzikir atau tadarus Al-Qur’an ? ( Juzan )JawabanBerdzikir dan tadarus Al-Qur’an merupakan perbuatan yang baik sekali dan akan lebih baik lagi jika tidak diembel-embeli dengan niat untuk merayakan hari Valentine.
Pertanyaan 8 :Bagaimanakah pendapat Ustadz tentang perayaan Maulud Nabi yang sempat menjadi kontroversi ?Jawaban :Perayaan Maulud Nabi adalah perayaan kelahiran Nabi yang dilakukan oleh umat islam dan merupakan bentuk syiar islam agar bangkit lagi semangat untuk mencintai Rosululloh SAW. Hukumnya adalah anjuran dari para ulama dan selayaknya kita juga merayakan.


Notulen....Dian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar